MODUL BAHASA JEPANG
KELAS XI, SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011
日本語 の 教科書
Oleh Arifin Rudiarto
SMA NEGERI 4 MADIUN
Jalan Serayu No 80 Madiun
PENDAHULUAN
A. Deskripsi
Dengan modul ini siswa diharapkan dapat :
a. Berkomunikasi secara lisan atau tulis tentang kehidupan sekolah.
b. Berkomunikasi secara lisan atau tulis tentang kehidupan keluarga.
B. Peta kedudukan modul
kehidupan sekolah
kehidupan keluarga
dapat berkomunikasi secara lisan atau tulis
C. Prasyarat
Guna mempermudah pemahaman proses pembelajaran modul ini siswa diharapkan sudah memahami penggunaan huruf hiragana dan katakana.
D. Petunjuk penggunaan modul
Pemakaian modul ini sebagai bahan ajar direkomendasikan kepeda peserta didik agar:
a. Mengerjakan soal-soal yang telah ada.
b. Harus sering latihan membaca setiap kalimat yang ada.
E. Standart kompetensi dan kompetensi dasar
1. Standart kompetensi.:
Memahami wacana tulis, serta mampu menyampaikan informasi secara tertulis yang berhubungan dengan kehidupan sekolah dan kehidupan keluarga.
2. kompetensi dasar.:
Membaca dan menulis kata dari wacana tertulis sederhana dengan huruf (hiragana dan katakana) tentang kehidupan sekolah dan kehidupan keluarga.
F. Daftar cek kemampuan siswa
Untuk mengetahui keberhasilan dan ketuntasan belajar digunakan sistem penilaian sebagaimana tertuang pada tugas dan latihan.
Materi :
1. Di dalam kelas.
Keberadaan benda.
Letak benda.
2. Lingkungan sekolah.
Tempat di dalam sekolah.
Keberadaan Orang.
3. Kalender sekolah.
Bulan dan tanggal.
Nama hari.
Jadwal kegiatan sekolah.
4. Jadwal pelajaran.
Waktu.
Jadwal pelajaran.
Kesan mengenai kegiatan sekolah.
Kegiatan sekolah.
5. Anggota keluarga.
Jumlah anggota keluarga.
Sebutan anggota keluarga.
6. Gambaran anggota keluarga.
Usia.
Pekerjaan.
Sifat dan gambaran fisik.
Penampilan.
7. Rumah.
Barang – barang di rumah.
Keadaan lingkungan rumah.
Di dalam kelas
Keberadaan benda
Barang-barang di dalam kelas
あたらしい ことば ( kata-kata baru ):
No. Kata-kata baru
( benda ) arti
1.
2.3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15. こくばん
こくばんけし
チョーク
つくえ
いす
まど
ドア
カレンダー
え
ちず
しゃしん
かびん
ごみばこ
ほうき
ホワイトボード 「papan tulis hitam」
「penghapus papan tulis」
「kapur」
「meja」
「kursi」
「jendela」
「pintu」
「kalender」
「gambar」
「peta」
「foto」
「vas bunga」
「tempat sampah」
「sapu」
「papan tulis putih」
No. Kata-kata baru
( posisi ) arti
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24 まえ
うしろ
うえ
した
みぎ
ひだり
なか
そば
そと 「depan」
「belakang」
「atas」
「bawah」
「kanan」
「kiri」
「tengah」
「samping」
「luar」
25. きょうしつ 「ruang kelas/kelas」
1. Tempat ーに benda があります。( di....(tempat)...ada...(benda)....)
きょうしつ に とけいが あります。
かびん :
ごみばこ :
ほうき :
2. Tempat ーに benda がありますか。(apakah di....(tempat)...ada...(benda)....? )
はい、あります。(ya, ada)
いいえ、ありません。(tidak ada)
とけい
A : きょうしつ に とけい が ありますか。
B : はい、あります。/ いいえ、ありません。
しゃしん
A :
B :
チョーク
A :
B :
3. Tempat ーに なに がありますか。( di....(tempat)...ada benda apa? )
ーがあります。(ada....(benda)...)
とけい
A : きょうしつ に なに が ありますか。
B : とけい が あります。
こくばんけし
A :
B :
ホワイトボード
A :
B :
4. Tempat ーに benda1 があります。Benda2 も あります。
( di....(tempat)...ada...(benda1) juga ada (benda2) )
Benda1 : とけい
Benda2 : ちず
Kalimat : きょうしつ に とけい が あります。ちず も あります。
(di kelas ada jam, juga ada peta )
a. Di kelas ada kalender, juga ada vas bunga.
→
b. Di kelas ada sapu juga ada tempat sampah.
→
Kata tanya ( percakapan ) :
A : きょうしつ に とけい が ありますか。
B : はい、あります。
A : ちず も ありますか。
B : はい、あります。/ いいえ、ありません。
Buatlah 2 buah percakapan seperti contoh di atas!
1. di dalam kelas ada ( meja, kursi ).
2. di dalam kelas ada (gambar, peta).
5. tempat/benda の posisi に benda が あります。
( Di (atas / bawah /....) tempat / meja ada (benda)....)
Pola kalimat di atas digunakan untuk menyatakan benda yang ada pada letak/posisi tersebut. あります (ada), ありません (tidak ada), なに も ありません (tidak ada apa-apa).
Contoh kalimat:
つくえ の うえ に ほん が あります。
(di atas meja ada buku).
A :つくえ の うえ に なに が ありますか。
B :ほん が あります。/ なに も ありません。
(A : Di atas meja ada apa?)
(B : ada buku. / tidak ada apa-apa.)
きょうしつ の そと に ごみばこ が あります。
( di luar kelas ada tempat sampah.)
Dari contoh di atas buatlah kalimat dalam bahasa jepang!
a. Di bawah meja ada penggaris.
b. Di tengah meja ada pensil.
c. Di luar kelas ada sapu.
6. tempat/benda の posisi に benda1 と benda2 が あります。
( Di (atas / bawah /....) tempat / meja ada (benda1 dan benda2)....),
pola kalimat ini digunakan untuk menunjukkan semua benda yang ada.
Contoh kalimat:
A :かばん の なか に なに が ありますか。
( Di dalam tas ada apa?)
B :かばん の なか に えんぴつ と ほん が あります。
( Di dalam tas ada pensil dan buku)
つくえ の うえ に けしゴム と ノート が あります。
Buatlah kalimat sesuai dengan contoh pada kalimat di atas!
a. di dalam tas ada kamus ada kotak pensil.
Buatlah 2 pecakapan bebas sesuai dengan contoh pada kallimat di atas!
7. tempat/benda の posisi に benda1 や benda2 などが あります。
( Di (atas / bawah /....) tempat / meja ada (benda1 dan benda2 dan lain-lain)....),
pola kalimat ini digunakan untuk menujukkan sebagaian benda yang ada.
Kata など が あります memiliki makna (dan lain – lain).
Contoh kalimat:
Misal di dalam kelas ada banyak benda, yaitu : meja, kursi, kalender, papan tulis, jam dinding, kapur, peta, vas bunga. Tetapi kita hanya ingin menyebutkan beberapa benda saja. Benda tersebut adalah kalender dan jam dinding. Maka kita bisa menggunakan pola kalimat ーやー.
きょうしつ に とけい や カレンダー などがあります。
( di dalam kelas ada kalender, jam dinding, dan lain-lain.)
Buatlah kalimat sesuai dengan contoh kalimat di atas!
(vas bunga, peta).
(meja, kursi).
(papan tuluis, kapur).
8. benda milik.... ada di .....
....さん の (benda) は (tempat/benda) の (posisi) に あります。
Contoh kalimat:
アリさん の ほん は かばん の なか に あります。
A :アリさん の ほん は どこ に ありますか。
B :かばん の なか に あります。
Buatlah kalimat sesuai contoh di atas!
1. tas saya ada di dalam kelas!
2. pensil nina ada di dalam tas.
3. penggaris nisa ada di atas meja.
4. penghapus doni ada di mana?
5. penghapus doni ada di bawah meja.
Lingkungan sekolah
あたらしい ことば ( kata-kata baru ):
No. Kata-kata baru
( tempat di sekolah ) arti
1.
2.3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20. がっこう
こうちょうしつ
しょくいんしつ
ほけんしつ
としょしつ
じむしつ
カンテイン
トイレ
こうてい
ここ
そこ
あそこ
どこ
うしろ
まえ
となり
モスク
しょくどう
うけつけ
エルエル 「sekolah」
「ruang kepala sekolah」
「ruang guru」
「UKS」
「perpustakaan」
「kantor/ruang tata usaha」
「kantin」
「toilet」
「lapangan sekolah」
「di sini」kata tunjuk tempat
「di situ」kata tunjuk tempat
「di sana」kata tunjuk tempat
「di mana」kata tanya tempat
「belakang」
「depan」
「di samping」
「masjid」
「kantin/tempat makan」
「resepsionis/loket penerima tamu」
「laboratorium」
文法 「ぶんぽう」Pola Kalimat
ここ・そこ・あそこ adalah kata tunjuk tempat.
ここ:menunjukkan tempat / ruang ligkup keberadaan pembicara dan lawan bicara.
そこ:menunjukkan tempat / ruang ligkupyang agak jajuh dari pembicara dan lawan bicara.
あそこ:menunjukkan tempat / ruang ligkup yang jauh dari pembicara dan lawan bicara.
Tempat di dalam sekolah
1. ここ・そこ・あそこ は tempat です。
Pola kalimat di atas digunakan untuk menyebutkan nama tempat / ruangan.
Contoh kalimat:
ここ は きょうしつ です。
トイレ
モスク
じむしつ
ここ は なん ですか。
そこ は こうてい です。
しょくどう
エルエル
そこ は なん ですか。
あそこ は こうちょうしつ です。
しょくいんしつ
ほけんしつ
あそこ は なん ですか。
2. tempat は ここ・そこ・あそこ です。
Pola kalimat di atas digunakan untuk menyatakan letak keberadaan ruang / orang.
Contoh kalimat:
トイレ は あそこ です。
としょしつ は そこ です。
うけつけ は ここ です。
A:しょくいんしつ は どこ ですか。
B:しょくいんしつ は あそこ です。
あそこ です。
ほけんしつ の となり です。
A :トイレ は どこ ですか。
B :..............................................
Keberadaan Orang
3. KB (tempat) に KB(orang) が います。
Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan keberadaan orang di suatu tempat.
います digunakan untuk menyatakan keberadaan untuk orang / hewan.
Contoh kalimat:
わたし の まえ に アリさん が います。
うしろ ドニさん
となり デニさん
わたし の まえ に だれ が いますか。
きょうしつ に せいと が います。
しょくいんしつ に せんせい が います。
きょうしつ に だれ が いますか。
.............
しょくいんしつ に だれ が いますか。
..............
4. KB(orang) は KB (tempat) に います。
Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan tempat/posisi keberadaan seseorang.
Contoh kalimat:
やまだせんせい は しょくどう に います。
たなかさん は じむしつ に います。
ニタさん は ほけんしつ に います。
A :やまだせんせい は どこ に いますか。
B :しょくどう に います。
A :たなかさん は どこ に いますか。
B :............................................. に います。
A :にたさん は どこ に いますか。
B :............................................. に います。
Buatlah percakapan sesuai dengan contoh di atas!
(たなか、モスク)
A :....................................................................
B :....................................................................
(アリ、こうてい)
A :....................................................................
B :....................................................................
(なかむら、こうちょうしつ)
A :....................................................................
B :....................................................................
Dari paragraf di atas, jawablah petayaan di bawah ini dengan tepat!
1. がっこう は どこ に ありますか。
2. がっこう に なに が ありますか。
3. きょうしつ は どこ に ありますか。
4. こうてい の まえ に なに が ありますか。
KALENDER SEKOLAH
Bulan (ーがつ)
1月
2月
3月
4月
5月
6月 いちがつ
にがつ
さんがつ
しがつ
ごがつ
ろくがつ 7月
8月
9月
10月
11月
12月 しちがつ
はちがつ
くがつ
じゅうがつ
じゅういちがつ
じゅうにがつ
? なんがつ
Pengecualian:
bulan 4 dibaca(しがつ) bukan (よんがつ)
bulan 7 dibaca (しちがつ) bukan (なながつ)
bulan 9 dibaca (くがつ) bukan (きゅうがつ)
Tanggal (ーにち)
1日
2日
3日
4日
5日
6日
7日
8日
9日
10日
11日
12日
13日
14日
15日
16日 ついたち
ふつか
みっか
よっか
いつか
むいか
なのか
ようか
ここのか
とおか
じゅういちにち
じゅうににち
じゅうさんにち
じゅうよっか
じゅうごにち
じゅうろくにち 17日
18日
19日
20日
21日
22日
23日
24日
25日
26日
27日
28日
29日
30日
31日 じゅうしちにち
じゅうはちにち
じゅうくにち
はつか
にじゅういちにち
にじゅうににち
にじゅうさんにち
にじゅうよっか
にじゅうごにち
にじゅうろくにち
にじゅうしちにち
にじゅうはちにち
にじゅうくにち
さんじゅうにち
さんじゅういちにち
? なんにち
Catatan:
Untuk tanggal : angka + にち, kecuali pada tanggal (1―10, 14, 20, dan 24)
あたらしい ことば
No. Kata-kata baru
(keterangan waktu) Makna
1.
2.
3.
4.
5. こんげつ
らいげつ
きょう
あした
あさって 「bulan ini」
「bulan depan」
「hari ini」
「besok」
「lusa」
No. Kata-kata baru
(waktu khusus) Makna
6. たんじょうび 「hari ulang tahun」
文法「ぶんぽう」Pola kalimat
1. ....(keterangan waktu).....は angka + がつ です。
(?) ....(keterangan waktu).....は なんがつ ですか。
Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan dan menanyakan bulan.
Contoh kalimat:
Pernyataan:
こんげつ は 2がつ です。
A:こんげつ は なんがつ ですか。
B:2月 です。
Buatlah percakapan seperti pada contoh di atas!
Pernyataa:
らいがつ は 7がつ です。
A:............................................................
B:............................................................
2. .....(keterangan waktu)....は tanggal です。
(?) ...(keterangan waktu)....は なんにち ですか。
Pola kalimat ini digunakan untuk menanyakan tanggal.
Contoh kalimat :
きょう は ついたち です。
あした は なんにち ですか。
......................................................
あさって は なんにち ですか。
.......................................................
3. ....(keterangan waktu).....は なんがつ なんにち ですか。
Pola kalimat ini digunakan untuk menanyakan bulan dan hari.
Contoh kalimat:
きょう は 1月 ついたち です。
あした は なんがつ なんにち ですか。
.......................................................................
きょう は なんがつ なんにち ですか。
.......................................................................
4. .....(waktu khusus)....は いつ ですか。
Pola kalimat ini digunakan untuk menanyakan waktu khusus.
Contoh kalimat:
Waktu khusus tersebut misalnya ulang tahun ( たんじょうび ).
たんじょうび は いつ ですか。
10月 3日 です。
あなた の たんじょうび は いつ ですか。
....................................................................................
Buatlah percakapan dengan teman mu, dengan menanyakan ulang tahunnya!
(anda) :.....................................................
(Teman anda) :.....................................................
Setelah membuat percakapan, kemudian informasikan data yang telah kamu peroleh tersebut!
.................さん の たんじょうび は ....................................... です。
Nama Hari
ようび よう日 いみ
にちようび
げつようび
かようび
すいようび
もくようび
きんようび
どようび 日よう日
月よう日
火よう日
水よう日
木よう日
金よう日
土よう日 「minggu」
「senin」
「selasa」
「rabu」
「kamis」
「jumat」
「sabtu」
? なんようび
あたらしい ことば
No. Kata-kata baru Makna
1.
2.
3.
4.
5.
6. スピーチコンテスト
テスト
ぶんかさい
こんしゅう
らいしゅう
やすみ 「lomba pidato」
「test/ujian」
「festival budaya」
「minggu lalu」
「lminggu depan」
「liburan/hari libur」
pola kalimat untuk menunjukkan hari:
きょう は ついたち です。
テスト は いつか です。
Dari kalender disamping, beserta penjelasan
Di atas, cobalah jawab pertanyaan di bawah ini!
きょう は なんようび ですか。
............................................................
あした は なんようび ですか。
............................................................
あさって は なんようび ですか。
............................................................
テスト は なんようび ですか。
...........................................................
Sesuai keterangan sebelumnya lengkapilah percakapan di bawah ini:
まつもと : テスト は いつ ですか。
Anda : ........................................
まつもと : なんようび ですか。
Anda : .........................................
まつもと : そうですか。
Jadwal Kegiatan Sekolah
Pola kalimat (........から........まで )
から :menunjukkan awal mula, dapat diartikan ”dari”.
まで :menunjukkan akhir, dapat diartikan ”sampai”.
Sehingga pola kalimat (........から........まで ),
menunjukkan awal dan akhir dari sesuatu hal.
Subjek は ........ から ........ まで です。
Contoh kalimat:
インドネシア の がっこう (しちがつ ー ろくがつ)
インドネシア の がっこう は なんがつ から なんがつ まで ですか。
インドネシア の がっこう は しちがつ から ろくがつ まで です。
Jawablah partanyaan di bawah ini!
1. やすみ(24日ー29日)
やすみ は なんにち から なんにち まで ですか。
............................................................................................................
2. テスト ( げつようび ー どようび )
テスト は なんようび から なんようび まで ですか。
...............................................................................................................
3. ぶんかさい (3日ー4日)
ぶんかさい は なんにち から なんにち まで ですか。
..................................................................................................................
4. いちがっき (7月ー12月)
いちがっき は なんがつ から なんがつ まで ですか。
...............................................................................................................
Jadwal pelajaran
Mari kita baca....!
わたし の じゅぎょう
みなさん、こんにちは。
おげんき ですか。わたし の なまえ は エド です。
Madiun から きました。
いま SMA 4 に べんきょうします。
じゅぎょう は 6じ45ふん から 1じ15ふん まで① です。
じゅぎょう が たくさん あります。
にほんご や えいご など が あります。
にほんご は おもしろい です④。えいご も おもしろい です。
でも、むずかしい です⑤。
いっしゅうかん いっかい② にほんご を べんきょうします。
にほんご は にちようび に あります③。
やすみ は としょしつ で ほん を よみます⑥。
あたらしい ことば
No. Kata-kata baru Makna
1.
2.
3.
4.
5.
6. じゅぎょう
べんきょうします
たくさん
おもしろい
むずかしい
よみます 「pelajaran」
「belajar」
「banyak」
「menarik」
「sulit」
「membaca」
Dari bacaan di atas dapat kita lihat ada beberapa frasa / kalimat yang bergaris bawah. Hal tersebut menunjukkan pola beberapa pola kalimat yang akan kita pelajari.
Pola kalimat tersebut yaitu :
1. ......じ.......ふん / ぷん です。
2. nama hari に mata pelajaran を べんきょうします。
3. k.benda (kegiatan) は k.benda (waktu) に あります。
4. いっしゅうかん に k,benda (jumlah)かい` k.b (kegiatan) が あります。
5. k.benda (mata pelajaran) は kata sifat です。
6. kalimat1。でも、kallimat2。
7. k.benda (tempat) で k.benda を kata kerja (bentuk-masu) ます。
文法「ぶんぽう」Pola Kalimat
1. jam dan menit
......じ.......ふん / ぷん です。
JAM
1 いちじ 7 しちじ
2 にじ 8 はちじ
3 さんじ 9 くじ
4 よじ 10 じゅうじ
5 ごじ 11 じゅういちじ
6 ろくじ 12 じゅうにじ
? なんじ
MENIT
5 ごふん 35 さんじゅうごふん
10 じゅっぷん 40 よんじゅっぷん
15 じゅうごふん 45 よんじゅうごふん
20 にじゅっぷん 50 ごじゅっぷん
25 にじゅうごふん 55 ごじゅうごふん
30 さんじゅっぷん
? なんぷん
はん digunakan untuk menggantikan sebutan 30 menit saat menyatakan ” lewat 30 menit ”, tetapi tidak bisa berdiri sendiri. 3.30 : さんじ さんじゅっぷん / さんじ はん
Tulislah cara baca untuk waktu di bawah ini:
1. 9.00 :
2. 12.00 :
3. 7.00 :
4. 6.30 :
5. 5.15 :
あたらしい ことば
No. Kata-kata baru Makna
1.
2.
3. いま
ごぜん
ごご 「sekarang」
「AM」
「PM」
Contoh percakapan:
(8.15 AM)
A :いま なんじ ですか。
B :ごぜん はちじ じゅうごふん です。
Buatlah percakapan sesuai contoh di atas:
1. (11.00 AM)
A :……………………………………………..
B :………………………………………………
2. (9.40 PM)
A :……………………………………………..
B :………………………………………………
2. Nama hari に mata pelajaran を べんきょうします。
Pola kalimat ini digunakan untuk menjelaskan waktu pelaksanaan pembelajaran.
あたらしい ことば
No. Kata-kata baru Makna
1.
2.
3.
4.
5. たいいく
すうがく
しゅうきょう
えいご
インドネシアご 「olahraga」
「matematika」
「agama」
「bahasa inggris」
「bahasa indonesia」
Contoh kalimat :
A :なんようび に にほんご を べんきょうしますか。
B :げつようび に にほんご を べんきょうします。
Kerjakan seperti contoh!
1. (えいご、もくようび)
A :.................................................................................
B :.................................................................................
2. (すうがく、もくようび)
A :.................................................................................
B :.................................................................................
3. (たいいく、どようび)
A :.................................................................................
B :.................................................................................
3. k.benda (kegiatan) は k.benda (waktu) に あります。
Pola kalimat ini digunakan untuk menjelaskan waktu pelaksanaan pembelajaran.
Contoh kalimat:
しゅうきょう は きんようび に あります。
(pelajaran agama ada di hari jumat)
インドネシアご は かようび に あります。
(............................................................................................)
えいご は すいようび に あります。
(............................................................................................)
4. いっしゅうかん に k,benda (jumlah)かい` k.b (kegiatan) が あります。
Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan frekuensi kegiatan yang disebutkan.
ーかい
1 いっかい 6 ろっかい
2 にかい 7 ななかい
3 さんかい 8 はちかい
4 よんかい 9 きゅうかい
5 ごかい 10 じゅっかい
? なんかい
Contoh kalimat:
いっしゅうかん に いっかい にほんご の じゅうぎょう が あります。
(dalam satu minggu pelajaran bahasa jepang sebanyak 1 kali)
いっしゅうかん に さんかい えいご の じゅうぎょう が あります。
(..................................................................................................................................................)
Dalam satu minggu pelajaran bahasa indonesia sebanyak 2 kali
(..................................................................................................................................................)
5. k.benda (mata pelajaran) は kata sifat です。
Pola kalimat ini digunakan untuk sifat, ciri khas, atau keadaan suatu benda.
あたらしい ことば
No. Kata-kata baru Makna
1.
2.
3.
4.
5. おもしろい
つまらない
かんたん
むずかしい
どう 「menarik」
「membosankan」
「mudah」
「sulit」
「bagaimana」
Contoh kalimat:
にほんご は どう ですか。
にほんご は おもしろい です。
えいご は どう ですか。
..................................................................
たいいく は どう ですか。
..................................................................
すうがく は どう ですか。
.................................................................
6. kalimat1。でも、kallimat2。
Pola kalimat ini digunakan untuk menghubungkan 2 kalimat yang artinya berlawanan.
でも (tetapi).
Contoh kalimat:
かんじ は おもしろい です。でも、むずかしい です。
(すうがく、かんたん、つまらない)
..................................................................................................................................................
7. k.benda (tempat) で k.benda を kata kerja (bentuk-masu) ます。
Pola kalimat ini digunakan untuk menjelaskan tempat melakukan kegiatan.
で, adalah partikel penanda ”tempat melakukan kegiatan”.
Contoh kalimat:
ほん を よみます。 (......................................................................................)
ビデオ を みます。 (......................................................................................)
さくぶん を かきます。 (......................................................................................)
テープ を ききます。 (......................................................................................)
スポーツ を します。 (......................................................................................)
Penggunaan で :
としょしつ で ほん を よみます。
エルエル で ビデオ を みます。
どこ で さくぶん を かきますか。
きょうしつ で .............................................................................................
どこ で スポーツ を しますか。
............................................................................................................................
KEHIDUPAN KELUARGA
1. ANGGOTA KELUARGA
Jumlah anggota keluarga
Jumlah orang :
1 ひとり 6 ろくにん
2 ふたり 7 しちにん
3 さんにん 8 はちにん
4 よにん 9 きゅうにん
5 ごにん 10 じゅうにん
? なんにん
( k.benda (jumlah) にん かぞく / きょうだい です。)
( k.benda (jumlah) にん かぞく です。) digunakan untuk menyebutkan jumlah anggota keluarga termasuk diri sendiri.
わたし は しちにん かぞく です。
あなた は なんにん かぞく ですか。
..........................................................................................................
k.benda (jumlah) にん きょうだい です。Digunakan untuk menyebutkan jumlah saudara kandung, termasuk diri sendiri.
わたし は ごにん かぞく です。
あなた は なんにん きょうだい ですか。
..........................................................................................................
Catatan:
Untuk menyebutkan anak tunggal digunakan istilah ひとりっこ
A :なんにん きょうだい ですか。
B :ひとりっこ です。
Sebutan anggota keluarga
No. Anggota Keluarga Diri sendiri Orang lain
1. Kakek そふ おじいさん
2. Nenek そば おばあさん
3. Paman おじ おじさん
4. Bibi おば おばさん
5. Sepupu いとこ いとこ
6. Ayah ちち おとうさん
7. Ibu はは おかあさん
8. Kakak laki-laki あに あにさん
9. Kakak perempuan あね あねさん
10. Adik laki-laki おとうと おとうとさん
11. Adik perempuan いもうと いもうとさん
Anggota Keluarga Sendiri
k.benda (saudara kandung) が k.benda (jumlah) にん います。
Pola kalimat di atas digunakan untuk menyebutkan jumlah saudara kandung yang dimiliki.
Contoh kalimat:
あに が ひとり います。
あに が ひとり と おとうと が ふたり います。
Tulislah jumlah saudara kandung mu, siapa saja mereka!
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Anggota Keluarga Orang Lain
(orang) は (saudara orang lain) が (jumlah) にん います。
Pola kalimat di atas digunakan untuk menyebutkan saudara kandung orang lain.
Contoh kalimat:
アリさん は おねえさん が ふたり います。
アリさん は おねえさん が ふたり と いもうとさん が ひとり
います。
Tulisalah jumlah saudara salah seorang teman kalian!
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Contoh percakapan:
A :なんにん かぞく ですか。
B :ごにん かぞく です。
A :なんにん きょうだい ですか。
B :さんにん きょうだい です。あね が ひとり と おとうと が
ひとり います。
Contoh laporan:
Bさん は ごにん かぞく です。さんにん きょうだい です。
おねえさん が ひとり と おとうとさん が ひとり います。
Buatlah percakapan dengan teman anda seperti contoh di atas, kemudian buatlah laporannya!
Percakapan:
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Laporan:
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. GAMBARAN ANGGOTA KELUARGA
Usia
1 いっさい 7 ななさい
2 にさい 8 はっさい
3 さんさい 9 きゅうさい
4 よんさい 10 じゅっさい
5 ごさい 11 じゅういっさい
6 ろくさい 20 はたち
? なんさい
(orang) は (bilangan) さいです。
Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan usia.
Contoh kalimat:
わたし は じゅうろくさい です。
デオさん は じゅうごさい です。
あなた は なんさい ですか。
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tanyalah umur teman kalian, kemudian tulislah laporannya!
Percakapan:
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Laporan:
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Pekerjaan
No. ことば
(pekerjaan) Makna
1 こうむいん Pegawai negeri
2 けいさつかん Polisi
3 ぎんこういん Pegawai bank
4 ぎんじん Tentara
5 しゅふ Ibu rumah tangga
6 りょうし Nelayan
7 いしゃ Dokter
8 きょうし Guru
9 かいしゃいん Karyawan perushaan
10 のうか Petani
11 しょうがくせい Siswa sd
12 ちゅうがくせい Siswa smp
13 こうこうせい Siswa sma
14 だいがくせい / がくせい mahasiswa
No. ことば
(tempat) Makna
1 だいがく Universitas
2 こうこう SMA
3 ちゅうがっこう SMP
4 しょうがっこう SD
5 レストラン Restoran
6 きっさてん Warung kopi, kafe
7 かいしゃ Perusahaan
No. ことば
(kata kerja) Makna
1 はたらきます bekerja
2 べんきょうします belajar
Pola kalimat:
(orang) は (jenis pekerjaan) です。
Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan pekerjaan atau profesi orang tersebut.
Contoh kalimat:
ちち は かいしゃいん です。
はは は しゅふ です。
あに は がくせい です。
あねえさん の おひごと は なん ですか。
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
(tempat) で はたらいています。
Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan peruahaan / nama kota / negara tempat bekerja.
Contoh kalimat:
A :どこ で はたらいていますか。
B :かいしゃ で はたらいています。
おとうさん は どこ で はたらいていますか。
......................................................................................................................................................
Sifat dan ganbaran fisik
No. ことば
(sifat) Makna
1 やさしい Baik hati
2 きびしい Disiplin, galak
3 まじめな Rajin
4 ハンサムな Tampan
5 きれいな Cantik
6 かわいい Lucu
7 せが たかい Tubuh tinggi
8 せが ひくい Tubuh pendek
9 かみが ながい Rambutnya panjang
10 かみが みじかい Rambutnya pendek
11 ふとっています Gemuk
12 やせています Kurus
(orang) は (sifat / gambaran fisik) です。
Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan sifat atau gambaran fisik seseorang.
Contoh kalimat:
いもうと は かみ が ながい です。
あに は ハンサム です。
Percakapan:
A :おにいさん は どんな ひと ですか。
B :あに は せが たかい です。
Penampilan
No. ことば
(pakaian) Makna
1 シャツ Kemeja
2 Tシャツ Kaos
3 ジャケット Jaket
4 スカート Rok
5 ズボン Celana panjang
No. ことば
(asesoris) Makna
1 ぼうし Topi
2 めがね Kacamata
3 ネクタイ Dasi
4 くつ Sepatu
5 くつした Kaos kaki
6 サンダル Sandal
No. ことば
(kata kerja) Makna
1 きます Memakai baju atasan, baju secara umum (kemeja, jaket)
2 かけます Memakai kacamata
3 かぶります Mengenakan sesuatu yang menutupi kepala
4 はきます Mengenakan baju bawahan dan alas kaki (rok,celana, sepatu)
5 します Memakai dasi,asesoris(jam, ikat pinggang)
(pakaian / asesoris) を きて / かけて / かぶって / はいて / しています。
Pola kalimat ini digunakan untuk menyebutkan benda yang dikenakan atau dipakai.
Contoh kalimat:
アリさん は シャツ を きています。
なかむらさん は ぼうし を かぶっています。
Buatlah kalimat sesuai dengan contoh di atas!
1. (きむらさん、くつした)
..................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. (まつもとさん、ネクタイ)
..................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. (すずきさん、めがね)
..................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. (ほんださん、ジャケット)
..................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. (やまもとさん、ぼうし)
..................................................................................................................................................................................................................................................................................
Percakapan :
なかむら :きむらさん は どんな ふく を きていますか。
まつもと :シャツ を きています。ズボン を はいています。
Buatlah percakapan dengan teman mu, sesuai contoh di atas!
Percakapan :
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. RUMAH
Barang-barang di rumah
No. ことば
(ruangan di rumah) Makna
1 だいどころ Dapur
2 いま Ruang tamu
3 にわ Halaman
4 へや Ruangan
5 うち Rumah
No. ことば
(elektronik) Makna
1 コンピューター Komputer
2 テレビ Televisi
3 エアコン AC
4 タイプライター Mesin ketik
5 れいぞうこ Lemari es
6 せんぷうき Kipas angin
7 ラジカセ Radio kaset
8 でんわ Telepon
No. ことば
(perabot rumah) Makna
1 ほんだな Lemari buku
2 ソファ Sofa
3 テーブル Meja
4 ベッド Ranjang
Jumlah barang elektronik
ーだい
1 いちだい 6 ろくだい
2 にだい 7 ななだい
3 さんだい 8 はちだい
4 よんだい 9 きゅうだい
5 ごだい 10 じゅうだい
? なんだい
(Tempat) に (barang) が (jumlah) だい あります。
Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan benda elektronik yang ada di tempat tersebut.
Contoh kalimat:
わたし の へや に テレビ が いちだい あります。
わたし の だいどころ に れいぞうこ が にだい あります。
あなた の うち に テレビ が なんだい ありますか。
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Ceritakan benda-benda elektronik yang ada di rumah mu! Ada berapa jumlahnya!
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jumlah barang
ーつ
1 ひとつ 6 むっつ
2 ふたつ 7 ななつ
3 みっつ 8 やっつ
4 よっつ 9 ここのつ
5 いつつ 10 とう
? いくつ
(Tempat) に (barang) が (jumlah) つ あります。
Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan barang yang ada di tempat tersebut.
Contoh kalimat:
わたし の へや に ほんだな が ふたつ あります。
わたし の いま に テーブル が みっつ あります。
あなた の うち に ベッド が いくつ ありますか。
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Ceritakan benda-benda elektronik yang ada di rumah mu! Ada berapa jumlahnya!
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Keadaan lingkungan rumah
No. ことば
(kata sifat) Makna
1 おおきい Besar
2 ちいさい Kecil
3 あたらしい Baru
4 ふるい Lama / usang
5 ひろい Lebar
6 せまい Sempit
7 あかるい Cerah / terang
8 くらい Gelap
(tempat) は (kata sifat) です。
Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan sifat, ciri khas, atau keadaan suatu tempat atau benda.
Contoh kalimat:
わたし の うち は おおきい です。
わたし の ほん は あたらしい です。
Buatlah kalimat sesuai dengan contoh kalimat di atas, dengan menggunakan kata sifat!
1. ...................................................................................................................................
2. ..................................................................................................................................
3. ..................................................................................................................................
4. ..................................................................................................................................
5. ...................................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
Japan Foundation. 2006. Buku Pelajaran Bahasa Jepang I. Jakarta: The Japan Foundation Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar